Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

Ketua DPR Pastikan Mitra Kerja Komisi Tidak Akan Ganda

Published

on

RRJateng – Mitra Komisi di DPR RI dipastikan tidak akan ganda, sehingga satu komisi akan bermitra dengan satu kementerian. Hal itu agar lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian/lembaga.

Demikian disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).

“Alhamdulillah, kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian,” kata Puan.

Dia mengatakan, apabila pada periode sebelumnya ada satu kementerian yang bermitra dengan lebih dari satu komisi, maka pada periode kepemimpinannya dipastikan satu kementerian hanya bermitra dengan satu komisi di DPR RI.

Langkah itu menurut dia dalam rangka menyederhanakan hubungan antara kementerian dengan komisi-komisi di DPR.

“Pada periode ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hanya dibahas di Komisi IV. Semula dibahas di Komisi IV dan Komisi VII, sehingga sering lempar tanggung jawab, butuh energi dan waktu untuk koordinasi,” ujarnya.

Puan mengharapkan dengan setiap komisi bermitra dengan satu kementerian bisa membuat DPR memaksimalkan fungsi pengawasannya.

Dia menjelaskan, kesepakatan satu komisi bermitra dengan satu kementerian tercapai dalam Rapat Konsultasi DPR Pengganti Bamus yang dihadiri pimpinan DPR dan seluruh pimpinan fraksi, Senin kemarin.

Kesepakatan itu menurut dia akan disahkan dalam Rapat Paripurna Ke IV DPR RI pada Selasa (29/10) siang dan Rapat Paripurna sekaligus akan mengesahkan 11 Komisi DPR RI beserta ruang lingkup dan tugasnya. [realitarakyat.com]

Loading...
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Sumpah Pemuda, Gus Nabil: Energi Pemuda Perlu Disalurkan untuk Bangun Indonesia

Published

on

Continue Reading

Politik

AHY Lebih Cocok Jadi Oposisi Daripada Menteri

Published

on

Continue Reading

Politik

Bertemu Mega, Gibran Juga Bahas Keinginan Maju di Pilwakot Solo

Published

on

Continue Reading