Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

Kenaikan Cukai Hanya Tambah Beban

Published

on

RRJateng – Rencana pemerintah menaikkan cukai rokok pada 2020 akan semakin menambah beban berat petani tembakau, yang saat ini perputaran ekonominya telah semakin rumit. Padahal, pemerintah seharusnya memiliki roadmap dalam mengambil kebijakan.

“Jangan menciptakan satu keputusan yang justru berefek negatif. Baik petani maupun konsumen,” kata Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira, Senin (28/10/2019).

Dia mengaku sangat menyayangkan kenaikan cukai dan harga eceran jual rokok. Sebab, tidak memperhatikan laju inflasi yang menjadi acuan dalam mengambil kebijakan.

“Saya melihat pemerintah seperti mengambil kebijakan kagetan atau mendadak. Karena seharusnya dalam menaikkan cukai dan harga eceran jual rokok memperhatikan inflasi yang terjadi tiap tahun. Tetapi kali ini berbeda,” ujarnya. Adapun ekonom dari Core Indonesia Piter Abdulah meminta agar publik tidak menilai negatif rencana kenaikan cukai dan harga eceran jual rokok.

“Pasalnya, pemerintah mengambil kebijakan tersebut dilakukan untuk mengurangi konsumsi rokok yang kian meningkat. Tujuan utamanya pengendalian agar konsumsi rokok tidak terlalu tinggi,” tandasnya.

Dengan demikian, kata dia, menaikkan cukai rokok harus dibaca adalah untuk mengurangi konsumsi rokok di masyarakat yang demikian tinggi. “Jangan dinilai lain karena jelas arah kebijakan ini,” tegasnya.[realitarakyat.com]

Loading...
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Dana Pihak Ketiga Perbankan Berada Dalam Tren Meningkat

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Chevrolet Indonesia Tutup Tahun Depan

Published

on

Continue Reading